Rabu, 22 Juni 2022

Mengenali Teori Loss Aversion untuk Copywriting


 Teori Loss aversion adalah kodisi dimana kerugian akan sesuatu, dianggap lebih menakutkan di banding dengan keuntungan yang di dapat, meskipun dengan nilai yang sama.

kita memang suka dengan kemenangan, tapi kita lebih takut dengan kekalahan.

kita memang suka mendapat hal yang baru, tapi kita lebih menderita saat kehilangan sesuatu yang telah lama kita miliki.

Dengan memanfaatkan rasa takut itu, kita bisa lebih memfokuskan penawaran untuk "rasa kehilangan" daripada menawarkan hal baru.

Contoh:

Daripada menawarkan diskon, lebih baik menghilangkan ongkos kirim. Menurut mas Rianto Astono dalam buku "Kopiraiting"

setidaknya ada 3 strategi yang dapat digunakan dalam copywriting dengan memanfaatkan teori Loss Aversion ini:

1. Freemium / Free Trial (Kepemilikan yang diciptakan dengan batas tertentu)

2. Scarcity (ketersediaan komoditi dalam waktu terbatas)

3. Gift Card / Voucher (Potongan harga)

Nah, dari 3 Strategi diatas, menurutmu mana yang paling banyak kamu temui?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar