Senin, 13 Maret 2023

Review Buku : Lelaki Tua dan Laut

Judul : Lelaki Tua dan Laut (The Old Man and the Sea)
Penulis : Ernest Hemingway
Penerjemah: Sapardi Djoko Damono
Halaman : 110
Penerbit : PT.Dunia Pustaka Jaya
E-ISBN : 978.623.221.429.3
Media Baca : Ipusnas

----------

Dilihat dari nama penulis dan penerjemah saja, rasanya sudah cukup menjadi jaminan bagaimana menariknya isi dari buku dengan tebal 110 halaman ini.

Pada bagian awal cerita dibuka dengan perkenalan mengenai Lelaki Tua yang sudah 84 hari melaut di arus teluk Meksiko seorang diri, tapi belum berhasil mendapatkan seekor ikan pun.

Keteguhan hati yang yang luar biasa dari lelaki tua, mengingat bahwa berbagai kejadian juga turut dialaminya.

Dimulai dari anak laki-laki yang sering mengikutinya ke laut dan membantunya, harus berpindah kepada nelayan lain karena perintah dari orang tuanya.

Tak hanya sampai disitu, lelaki tua itu seolah diperlihatkan bahwa apa yang tak dapat dicapainya dalam berpuluh hari, mampu dicapai nelayan lain hanya dalam beberapa hari saja.

Bahkan anak laki-laki yang dengan terpaksa meninggalkannya pun berhasil mendapatkan 3 ikan besar hanya dalam 1 minggu pertamanya bersama nelayan lain.

Dengan banyak kejadian yang seolah tak berpihak padanya, lelaki tua itu tetap percaya bahwa jika ia terus mencoba, maka ia akan bisa mendapatkan sama atau bahkan lebih dengan yang didapat nelayan lain.

Akankah kepercayaan dan perjuangan lelaki tua akhirnya membuahkan hasil? Bagaimana juga dengan anak laki-laki yang sebenarnya ingin menemani lelaki tua?

Terlihat bagaimana piawainya seorang Ernest Hemingway sebagai penulis, yang mampu membuat pembaca tak bosan menghabiskan lembar demi lembar, meski sebagian besar buku ini hanya mengisahkan tentang Lelaki Tua, kapal, Laut, serta ikan.

Tak hanya itu, pemilihan tiap kata dalam menggambarkan kejadian serta suasana yang dialami lelaki tua, seolah menuntun alam bawah sadar kita untuk ikut melihat dan merasakannya juga.

Pesan-pesan yang ingin disampaikan penulis dalam buku ini, seperti keteguhan hati, keyakinan, konsistensi, serta perjuangan, tertuang dalam banyak kejadian yang disusun dengan rapi dan indah.

Ada banyak kalimat menyentuh dalam buku ini, tapi ada satu kalimat yang aku sukai.

"Manusia bisa dihancurkan, tapi tak bisa dikalahkan."

Segera baca bukunya dan selamat terhipnotis dalam sihir kata yang kan membawamu berpetualang ke lautan luas.

Buku Lelaki Tua dan Laut ini tak hanya tersedia dalam versi cetak.

Kamu bisa baca buku ini secara digital dengan membeli di google playbook, ataupun melakukan sewa secara gratis pada aplikasi ipusnas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar