Kamis, 23 Maret 2023

Review buku: Bising - Kurniawan Gunadi

Judul : Bising
Penulis : Kurniawan Gunadi
Halaman : 156
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Cetakan Pertama : November 2020
ISBN : 978 602 291 760 1

--------------

Bising, judul buku ini sangat mewakili isinya, yang merupakan kumpulan cerita tentang banyak kebisingan dari isi kepala manusia; remaja, dewasa, sampai orang tua.

Dalam beberapa bab awal (bab 1-2) akan terasa sangat menjenuhkan, karena isinya seolah hanya membaca keluhan seputar permasalahan hidup yang dialami oleh banyak orang.

Tapi dalam bab setelahnya, meskipun masih menceritakan tentang keluhan permasalahan hidup, namun kita akan mulai menemukan kembali sentuhan khas dari mas Kurniawan Gunadi. Ada banyak petikan hikmah yang tersebar pada banyak kisah dalam buku ini, kita juga masih dimanjakan oleh pilihan diksi serta analogi yang sangat apik.

Ada beberapa cerita yang cukup berkesan, salah satunya berjudul "Masa Lalu", menceritakan tentang seorang lelaki yang memiliki ketakutan pada masa lalunya yang kelam, tapi ia memberanikan diri mengungkapkan semuanya pada sosok sahabat wanita yang juga ingin dilamarnya, bagaimana reaksi sang gadis menghadapi dua kejutan beruntun, lamaran serta masa lalu yang kelam?

Pesan yang aku dapat setelah menyelesaikan buku ini adalah tentang kesadaran bahwa kita bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah paling berat, semua orang sedang sibuk dengan masalah dalam isi kepalanya masing-masing.

Pesan lain yang tak kalah penting adalah, bahwa dalam fase apapun yang sedang dijalani, cukup hadapi dan syukuri, karena angan-angan kita tentang kedewasaan, atau masa tua yang kita pikir akan lebih indah daripada yang dijalani saat ini, nantinya pun akan kita lewati dengan perpindahan kelulusan dari satu masalah ke masalah lainnya.

Jadi cukup jalani, nikmati dan syukuri hari ini.

Untuk teman-teman yang baru mendengar curhatan dari teman atau kerabat saja sudah merasa sangat terganggu dan kurang nyaman, mungkin ada baiknya membaca buku dari karya mas Kurniawan Gunadi yang lain, karena buku ini isinya memang benar-benar bising. 😅

Buku "Bising" ini tak hanya bisa didapatkan dalam bentuk cetak, tapi juga bisa diunduh di google playbook, dengan harga lebih murah dari harga cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar